Bupati Kutai Timur Terima Penghargaan Lencana Bakti Transmigrasi dari Mendes PDTT RI

INDEKSMEDIA.ID – Bupati Kutai Timur, H. Ardiansyah Sulaiman mendapatkan penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Mendes PDTT RI), Abdul Halim Iskandar.

Penghargaan nasional berupa piagam dan Lencana Bakti Transmigrasi dari Mendes PDTT RI disematkan kepada Bupati Kutai Timur melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Timur, Sudirman Latif, Senin (22/5).

Diterimanya Lencana Bakti Transmigrasi tersebut atas penilaian Mendes PDTT RI kepada Bupati Kutai Timur atas dukungannya terhadap pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi dengan indeks perkembangan status kawasan mandiri.

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman merasa bersyukur mendapat penghargaan dan Lencana Bakti Transmigrasi yang diberikan oleh Kemendes PDTT RI sekaligus sebagai bentuk komitmen nyata Pemkab Kutim dalam mendukung program nasional.

“Semoga penghargaan yang diberikan ini bisa menjadi pemicu dan pemacu semangat untuk menata desa-desa di Kabupaten Kutim agar masyarakatnya sejahtera,” kata Bupati.

Sementara itu, Sudirman Latif mengatakan bahwa penyerahan penghargaan dan Lencana Bakti Transmigrasi kepada Bupati Kutim merupakan amanah yang dititipkan Mendes PDTT kepada dirinya.

“Pak Mendes PDTT titip kepada saya, agar Lencana Bakti Transmigrasi dipasangkan kepada Bupati Kutim. Alhamdulillah tadi sudah kita laksanakan,” ucap Kepala Disnakertrans Kutai Timur.

Lebih jauh, Bakti Transmigrasi ini diberikan kepada Ardiasnyah sebagai Kepala Daerah yang mendukung pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi dengan indeks perkembangan kawasan transmigrasi status mandiri.

Dia menyebut Ardiansyah Sulaiman termasuk tokoh sangat mendukung program transmigrasi. Untuk kemudian pada akhirnya mencapai target, menjadikan sebuah kawasan transmigrasi menjadi berstatus mandiri.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa seluruh wilayah transmigrasi di Kutim sudah termasuk dalam kawasan mandiri dan berhasil sesuai dengan penilaian Pemerintah Pusat. Kabupaten Kutim dinilai sangat potensial dalam mendukung pembangunan transmigrasi.

“Hal tersebut dapat dilihat dari sinergi antara Pemkab Kutim dan kehadiran swasta dalam mempercepat perkembangan kawasan transmigrasi di daerah,” tutupnya.

Sekadar di ketahui, Bupati Ardiansyah Sulaiman baru saja menerima penghargaan dan Lencana Bakti Transmigrasi yang diserahkan langsung oleh Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

Waktu itu penghargaan diserahkan kepada Kepala Disnakertrans mewakili Bupati yang berhalangan hadir di momentum Rapat Koordinasi Nasional Transmigrasi Tahun 2023 di Grha Saba Pramana UGM, Selasa (16/5/2023) lalu.