KBN Lanal Sangatta Membanggakan Kutim, Dihadiri Bupati dan Diresmikan Wapres

INDEKSMEDIA.ID – Komandan Pangkalan TNI AL Sangatta, Letkol Laut (P) Shodikin.M.Tr Opsla pada Senin 15 Mei 2023 mengikuti peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) tahun 2022.

Dalam peresmian tersebut, Letkol Laut (P) Shodikin.M.Tr Opsla didampingi sejumlah Perwira Staf serta seluruh Prajurit Pangkalan TNI AL Sangatta.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring atau lewat video conference (vicon) serentak di 68 Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) TNI AL.

Peresmian ini dipusatkan di pulau Untung Jawa yang dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji.

Turut pula dihadiri Inspektur Jenderal TNI, Bupati Kepulauan Seribu, serta undangan lainnya.

Adapun peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) tahun 2022 ini diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Dengan membawa tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Yang Sejahtera”, acara ini diikuti secara virtual dari berbagai lokasi, termasuk Sangatta.

Dalam peresmian yang berlangsung di Sangatta, sejumlah pejabat turut menghadiri langsung kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) tahun 2022 ini.

Adapun pejabat yang hadir diantaranya Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, Ketua DPRD Kutim, Joni, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Kejari Kutim, Romlan Robin, Kepala OPD dilingkup Pemkab Kutim, serta perwakilan perusahaan dan tamu undangan.

Untuk wilayah Kutai Timur, Desa Pulau Miang di Kecamatan Sangkulirang diresmikan sebagai Kampung Bahari Nusantara tahun ini.

Dalam pembangunan KBN ini, ada 5 klaster utama yang dibangun yaitu Klaster Pendidikan, Klaster Ekonomi, Klaster Pariwisata, Klaster Kesehatan, dan Klaster Pertahanan.

Pembangunan kelima klaster ini yg diharapkan dapat memaksimalkan potensi Kampung Bahari Nusantara.

Danlanal Sangatta, Letkol Laut (P) Shodikin mengatakan jika pihaknya tengah fokus mengembangkan tempat wisata alternatif di Kutim.

Tujuannya tak lain, selain menambah wisata juga membangkitkan semangat SDM dan membentuk kampung baru untuk kemajuan Kutim.

“Sebelumnya di Pulau Miang, kemudian di Muara Gabus, dan selanjutnya di Desa Sekerat,” ujar Danlanal.

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman memberikan apresiasi kepada Lanal Sangatta, yang mana terus berbuat untuk kepentingan masyarakat dan tentunya kemajuan daerah.

“Tentu saja kita bangga memiliki wisata yang tak kalah dari daerah lain,” katanya.(*)