Ingin Pandai di Bidang Akademik dan Organisasi? Ini Tips dari Samintang, Mahasiswa Berprestasi UNHAS

INDEKSMEDIA.ID — Aktif berorganisasi acap kali menghambat seorang pelajar dalam bidang akademik.

Tatkala diperhadapkan pada dua pilihan, berprestasi di bidang akademik atau kah organisasi, kebanyakan tentu saja akan memilih keduanya.

Namun, fakta sering kali menunjukkan, betapa rumitnya aktif di bidang akademik sekaligus organisasi, apalagi hendak meraih prestasi di kedua bidang ini.

Akan tetapi, beberapa orang dengan keuletan dan prinsip yang mereka pegang teguh dapat menyeimbangkan keduanya.

Belakangan, barangkali Anda melihat dan mendengar kabar yang berseliweran di media online tentang Tim Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang berhasil meraih prestasi dalam ajang Teknologi bergengsi di Turki.

Tahukah Anda, ketua Tim La Galigo itu merupakan Mahasiswi yang berprestasi pada bidang akademik maupun organisasi?

Samintang (22), mahasiswi yang berhasil membawa timnya menyabet Medali Silver pada ajang Teknologi terbesar se-Eropa itu memiliki tips agar berprestasi secara akademik maupun organisasi.

Saat dikonfirmasi Indeksmedia.id, Samintang membeberkan tips agar bisa menjadi Mahasiswa yang aktif berorganisasi dan memiliki segudang prestasi akademik.

“Ada enam hal yang selalu saya implementasikan agar prioritas dalam aspek akademik tetap terjaga, begitupun eksistensi di luar akademik tetap konsisten,” katanya.

Berikut ini beberapa tips dari Samintang:

1. Penting untuk menata tujuan jangka pendek dan panjang, mematangkan planning kedepan. Time management (manajemen waktu) adalah kuncinya.

2. Selalu percaya bahwa berprestasi itu banyak ragamnya, bukan hanya soal peringkat, IPK, dan hal-hal statistik lainnya. Mulailah untuk menemukan minat, bakat, dan mengaitkan dengan peluang yang ada.

3. Nikmati setiap proses ketika kamu mengikuti perlombaan, konferensi, pidato, debat, dan sebagainya. Hasil tidak akan berkhianat jika kita meluruskan niat dan tekad sedari awal.

4. Kobarkan semangat kolaborasi dan bangun support system yang positif.

5. Di era modernisasi, kita memerlukan kompetisi untuk mengukur kapabilitas dan mengevaluasi diri.

6. Bergabunglah dengan lingkungan pertemanan yang sehat, dan komunitas yang punya tujuan jelas, terukur, dan berdampak.

Demikian tips Mahasiswi berprestasi asal Luwu Timur itu, semoga memberi manfaat bagi teman-teman pembaca Indeksmedia ya.

Mari memaksimalkan segala usaha yang dapat kita lakukan agar menjadi yang terbaik versi diri sendiri.