Doa Hari Kamis, Menjaga Kesehatan Batin dan Terhindar dari Petaka

INDEKSMEDIA.ID — Doa merupakan tradisi manusia pada umumnya, yang tanpanya, manusia bisa saja kehilangan jati dirinya.

Karena itu, dalam laku hidup manusia, adalah hal yang tak wajar meninggalkan ritual doa.

Ditambah lagi, agama mengetahui hakikat manusia, maka dari itulah agama menurunkan doa sebagai salah satu cara manusia terhindar dari banyaknya petaka dalam hidup ini.

Salah satu doa masyhur yang amat perlu diamalkan setiap hari kamis adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang.

اًلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ اللَّيْلَ مُظْلِمًا بِقُدْرَتِهِ وَ جَاءَ بِالنَّهَارِ مُبْصِرًا بِرَحْمَتِهِ وَ كَسَانِيْ ضِيَاءَهُ وَ أَنَا فِيْ نِعْمَتِهِ،

Segala puji bagi Allah yang telah melenyapkan malam yang gulita dengan kekuatan-Nya.

Mendatangkan siang yang terang-benderang dengan rahmat-Nya, dan menyelimutiku dengan Cahaya-Nya, di mana aku tenggelam dalam karunia-Nya.

اَللَّهُمَّ فَكَمَا أَبْقَيْتَنِيْ لَهُ فَأَبْقِنِيْ لِأَمْثَالِهِ، وَ صَلِّ عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ وَ لاَ تَفْجَعْنِيْ فِيْهِ وَ فِيْ غَيْرِهِ مِنَ اللَّيَالِيْ وَ الْأَيَّامِ بِارْتِكَابِ الْمَحَارِمِ وَ اكْتِسَابِ الْمَآثِمِ وَ ارْزُقْنِيْ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا فِيْهِ وَ خَيْرَ مَا بَعْدَهُ وَ اصْرِفْ عَنِّي شَرَّهُ وَ شَرَّ مَا فِيْهِ وَ شَرَّ مَا بَعْدَهُ،

Ya Allah sebagaimana Engkau menghidupkan (di hari ini), jagalah hidupku di hari-hari yang serupa. Limpahkanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.

Di saat siang dan malam, janganlah Engkau menjadikanku risau dengan perbuatan haram dan dosa, anugerahkanlah kepadaku kebaikan siang dan malam.

Kebaikan segala yang terdapat di dalamnya dan setelahnya. Jauhkan aku dari keburukan yang terdapat di dalamnya dan setelahnya.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ بِذِمَّةِ الْإِسْلاَمِ أَتَوَسَّلُ إِلَيْكَ وَ بِحُرْمَةِ الْقُرْآنِ أَعْتَمِدُ عَلَيْكَ وَ بِمُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ أَسْتَشْفِعُ لَدَيْكَ، فَاعْرِفِ اللَّهُمَّ ذِمَّتِيَ الَّتِيْ رَجَوْتُ بِهَا قَضَاءَ حَاجَتِيْ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ،

Ya Allah, demi Islam aku bertawasuul kepada-Mu. Demi kesucian Al-Qur’an aku bergantung kepada-Mu, dan demi Muhammad al-Mustafa Saw aku memohon syafaat keharibaan-Mu.

Ya Allah, ajarkanlah kepadaku tanggung jawab (yang bila kutunaikan) aku berharap segala keperluanku terkabulkan, wahai Zat yang Pengasih di atas semua pengasih.

اَللَّهُمَّ اقْضِ لِيْ فِي الْخَمِيْسِ خَمْسًا لاَ يَتَّسِعُ لَهَا إِلاَّ كَرَمُكَ وَ لاَ يُطِيْقُهَا إِلاَّ نِعَمُكَ سَلاَمَةً أَقْوَى بِهَا عَلَى طَاعَتِكَ وَ عِبَادَةً أَسْتَحِقُّ بِهَا جَزِيْلَ مَثُوْبَتِكَ وَ سَعَةً فِي الْحَالِ مِنَ الرِّزْقِ الْحَلاَلِ وَ أَنْ تُؤْمِنَنِيْ فِيْ مَوَاقِفِ الْخَوْفِ بِأَمْنِكَ وَ تَجْعَلَنِيْ مِنْ طَوَارِقِ الْهُمُوْمِ وَ الْغُمُوْمِ فِيْ حِصْنِكَ، وَ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ وَ اجْعَلْ تَوَسُّلِيْ بِهِ شَافِعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ نَافِعًا، إِنَّكَ أَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

Ya Allah, anugerahilah aku di hari Kamis ini lima perkara yang tidak akan diraih kecuali karena kedermawanan-Mu, dan tidak dapat terkabulkan kecuali karena karunia-karunia-Mu:

Ya Allah, berikanlah aku keselamatan sehingga kudapat menaati-Mu.

Kesempurnaan ibadah sehingga aku berhak menerima pahala-Mu yang agung.

Ketenangan jiwa dan rezeki luas yang halal.

Tanamkan rasa aman kepada diriku tatkala aku dilanda ketakutan.

Dan lindungilah aku dengan benteng-Mu dari serangan duka dan nestapa.

Limpahkanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya. Jadikanlah tawassulku kepadanya sebagai syafaat untukku di hari kiamat.

Sesungguhnya Engkau lebih pengasih dari para pengasih.