Budaya Pesta Panen Dihadiri Pemda Lutra, ini Harapan Warga Kepada Suaib Mansur

INDEKSMEDIA.ID — Kegiatan budaya pesta panen dusun Salubomban, desa Pincara kecamatan Masamba dihadiri Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra) Suaib Mansur ST. Msi, Selasa (9/5).

Dalam budaya pesta panen yang dihadiri Suaib Mansur ini, masyarakat khususnya keluarga besar Salubomban berharap Pemda Lutra serius menangani soal pertanian.

Tokoh pemuda pun angkat bicara ihwal pertanian karena melihat hadirnya orang nomor dua Luwu Utara, Suaib Mansur dalam budaya pesta panen tersebut.

“Kami harap Pemda Lutra agar benar-benar serius memerhatikan wilayah pertanian, khususnya akses jalan tani di dusun Salubomban,” ucap Sholihin.

“Karena dengan itu juga, kita bisa melestarikan salah satu budaya kita,” tambahnya.

Dialog budaya pesta panen di desa Pincara Luwu Utara (Amar).

Inisiator dialog tersebut juga membeberkan, “awal mula pembukaan lahan persawahan di Salubomban hanya dilakukan oleh 3 orang, tapi sekarang sudah bertambah menjadi 12 orang.”

Adapun dalam sambutanya, Wakil Bupati Lutra Suaib Mansur menyerukan kepada seluruh masyarakat Salubomban untuk membuka lahan sawah seluas-luasnya.

“Disampaikan kepada keluarga semua, agar bisa membuka lahan pertanian, khususnya sawah seluas-luasnya,” kata Suaib Mansur.

Dirinya juga berjanji, pemerintah akan membangun jalan tani yang ada di kawasan itu.

“Kami, pemerintah Kabupaten Lutra berjanji akan siap membangun akses jalan tani yang diminta oleh warga,” ucap Mansur.

“Kenapa ini diusahakan, karna memang ini adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah. Tentu saja yang kita perhatikan adalah akses yang memang tidak bisa dijangkau oleh Pemerintah Desa,” tambahnya.

Diketahui budaya pesta panen di Kabupaten Luwu Utara sejak dahulu dilestarikan oleh penduduk di sana. (Paya)