Kenali 3 Faktor penyebab Kemiskinan struktural di Indonesia

INDEKSMEDIA.ID — Kemiskinan merupakan salah satu momok yang amat mengerikan bagi manusia.

Fenomena kemiskinan juga adalah kondisi yang jelas-jelas menghambat laju perkembangan aktivitas.

Namun sebenarnya apa sih kemiskinan itu, dan apa yang menyebabkan terjadinnya kemiskinan secara struktural, khususnya di Indonesia?

Menurut KBBI, kemiskinan ialah “kondisi di mana seseorang atau sekelompok orang tidak mampu memenuhi hak-hak dasarnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat.”

Sedangkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS), “kemiskinan adalah ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan diukur dari sisi pengeluaran.”

Akan tetapi, apa yang menyebabkan terjadinya kemiskinan secara struktural? Simak 3 faktornya berikut ini;

1. Miskin secara mental karena ada pada kondisi lingkungan masyarakat yang juga miskin dan menganggap bahwa kemiskinan sebagai hal yang lumrah dalam kehidupannya.

2. Pendidikan yang kurang memadai dari sisi fasilitas, tenaga pengajar dan berada pada lingkungan pendidikan yang tidak sehat.

3. Kekurangan akses untuk membantu pengembangan keuangan dari lembaga keuangan karena kurangnya modal yang menjadi jaminan.

Adapun proses bantuan lembaga keuangan rentan mengalami kebangkrutan karena bunga cicilan yang tinggi dan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Demikianlah 3 faktor penyebab terjadinya kemiskinan struktural, dilansir dari kanal YouTube ngomongin uang. (Paya)