Fakta Unik Budaya Berburu Paus di Desa Lamalera Pulau Lembata

INDEKSMEDIA.ID — Indonesia memiliki ragam budaya dan tradisi yang unik, salah satunya adalah berburu Paus di desa Lamalera.

Berburu Paus adalah budaya yang sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat Lamalera, Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Budaya masyarakat Lamalera ini terbilang sudah dikenal di mancanegara. Mereka menyebutnya sebagai “Lamalera Whale Catching Adventure.”

Salah satu pegiat kebudayaan Lembata Lamalera mengabarkan bahwa tradisi ini sudah turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu.

“Tradisi ini sudah dikenal oleh banyak kalangan dan dimulai ratusan tahun yang lalu,” kata Gafur Sarabiti kepada Indeksmedia.id, Kamis (4/5).

Masyarakat Lamalera Berburu Paus (Priority)

Dirinya juga mengatakan bahwa berburu paus tidak semerta-merta dilakukan, ada waktu yang tepat, juga ada ritus sebelum melakukannya.

“Kalau orang hendak berburu Paus, ya tidak setiap hari. Ada waktunya. Dari bulan Mei hingga Oktober. Itu dilakukan setiap tahunnya. Ada juga empat ritual yang dilakukan sebelum itu,” ucap Gafur.

Prosesi ini sebenarnya dilakukan untuk menciptakan harmonisasi antara manusia alam dan Tuhan,” tandasnya.

“Kalau hasil tangkapan kadang hanya 1, ada juga yang bahkan sampai 5 dalam sehari,” sambungnya.

Diketahui, masyarakat Lamalera Lembata berburu Paus menggunakan perahu tradisional. Satu perahu biasanya memuat belasan sampai puluhan orang yang memegang tombak.

Budaya ini hingga sekarang masih dilestarikan oleh masyarakat desa Lamalera. (Aa)