Ini Wilayah di Palopo yang Butuh Perhatian dari Pemerintah

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Wilayah di Pegunungan Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana, Kota Palopo, menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Kota Palopo.

Pasalnya masyarakat di wilayah tersebut belum sepenuhnya menikmati akses jalan secara bagus menuju Tandung, Rante Pangala, Minjana dan Buntu Lobo.

Sudah puluhan tahun akses jalan di wilayah itu tidak mendapat perhatian serius.

“Sudah puluhan tahun jalan itu belum sepenuhnya diaspal,” kata salah satu Pemuda Kecamatan Sendana Arzad, Minggu (30/4/2023).

Dikatakannya, sebelumnya telah dibahas terkait kondisi jalan tersebut saat diadakannya Dialog Masyarakat bersama dengan teman-teman KKN-T UM Palopo dan dihadiri oleh Walikota.

“Kondisi akses jalan tersebut direspon baik oleh beliau,” ungkapnya

Kata Arsad, Pemerintah Kota Palopo juga sebelumnya telah melakukan pengaspalan jalan sepanjang 1,2 kilo meter.

“Sekitar bulan Mei tahun lalu dilakukan pengaspalan sepanjang 1,2 kilo meter,” sebutnya.

Kendati demikian, ia masih berharap agar akses jalan tersebut menjadi skala prioritas pemerintah Kota Palopo untuk diperhatikan.

“Selalu kami sampaikan dalam kegiatan apapun yang mendatangkan pejabat pemerintah baik dari Eksekutif maupun Legislatif, meminta jalan tersebut dijadikan skala prioritas,” tegasnya.

Menurutnya, Hal ini dilakukan agar warga yang bermukim di wilayah tersebut bisa merasakan kehidupan layaknya masyarakat perkotaan.

“Kita saat ini sudah hidup dalam wilayah Kota Palopo, namun sayang jika masih ada saudara kita yang belum menikmati fasilitas layaknya yang kita nikmati saat ini,” terangnya.

Selain akses jalan, kendala lain ialah belum adanya fasilitas listrik yang masuk di beberapa wilayah tersebut.

“Selain jalan, fasilitas listrik juga sangat perlu. PLN sempat sampaikan akan memasukkan itu akhir tahun 2022 yang lalu, namun sampai sekarang kita belum tau apa yang mejadi kendala pihak PLN,” tuturnya.

Sedangkan untuk fasilitas pendidikan, arzad berharap pemerintah juga memperhatikan kondisi sekolah dan tenaga pengajar yang ada di SDN 58 Tandung.

“Belum lagi masalah pendidikan, kita juga sangat berharap SD di wilayah tandung itu juga mendapat perhatian khusus, kita punya aset bangsa di wilayah tersebut dan semoga hal ini betul-betul bisa direalisasikan oleh pemerintah Kota (Palopo) kedepannya,” pungkasnya.

Diketahui ada beberapa wilayah di Kelurahan Peta tersebut yang hingga kini kurang mendapat perhatian Pemkot Palopo diantaranya, Wilayah Tandung, Minjana, Rante Pangala dan Buntu Lobo.