Tahukah Anda Rempah-rempah yang Dapat Menurunkan Berat Badan?

IDEKSMEDIA.ID — Pasca lebaran tubuh seringkali mengalami perubahan, banyak orang yang mengalami penggemukan atau berat badannya bertambah.

Dilansir dari kompas.com, Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, Sp.GK. mengatakan, penyebab utama berat badan naik setelah lebaran disebabkan perubahan pola makan drastis.

Kenaikan berat badan setelah Lebaran, disebabkan banyak orang cenderung makan secara berlebihan dengan menu makanan dan minuman tinggi kalori, seperti aneka minuman manis, kue kering, sampai makanan bersantan khas Lebaran.

Jika terus mengeluhkan kondisi ini tanpa mencari solusi, justru akan melahirkan stress dan tidak membawa perubahan apa-apa.

Sebenarnya sahabat bisa memanfaatkan rempah yang mudah didapatkan di dapur sahabat dan berkhasiat menurunkan berat badan. Berikut yang dirangkum dari halodoc.com

1. Kunyit

Kunyit mengandung anti oksidan tinggi yang dapat menekan pertumbuhan jaringan lemak. Meski begitu, mengkonsumsi kunyit untuk menurunkan berat badan tidak dapat berlangsung secara cepat dan instan.

2. Lada Hitam

Lada hitam tergolong makanan termogenik, yakni makanan yang membantu metabolisme untuk membakar kalori dalam tubuh. Di dalamnya juga terdapat piperin atau senyawa yang mencegah penumpukan lemak.

3. Kayu Manis

Rempah ini bersifat anti mikroba yang dapat mengurangi respon negatif pada makanan yang berlemak tinggi. Kayu manis selain dapat menekan dan menurunkan nafsu makan, juga berfungsi untuk memecah karbohidrat yang berguna untuk menurunkan berat badan.

4. Jinten

Rempah ini dapat meningkatkan konsentrasi insulin, dan menurunkan kadar glukosa yang meningkat. Bisa dikatakan, jinten mampu menurunkan berat badan, di dalamnya terdapat kontrol glukosa yang menekan nafsu makan.

5. Kapulaga

Rempah yang bersifat deuretik ini dapat meningkatkan metabolisme sebab memiliki kandungan alami untuk mengurangi kadar garam dan air dalam tubuh melalui urin.

Itulah deretan informasi kesehatan buat Anda. Semoga bermanfaat ya gan. (*/Cca)

Komentar