Peringati HBP ke-59, Lapas Palopo Gelar Apel Bersama Dirangkaikan Pembagian Hadiah kepada WBP

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Lembaga Permasyarakatan Kelas II-A Palopo menggelar apel bersama peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 yang jatuh pada 27 April 2023.

Apel tersebut diselenggarakan secara serentak yang terpusat di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta, dan diikuti seluruh jajaran Pemasyarakatan di Indonesia.

Sementara di Lapas Kelas IIA Palopo beserta jajaran mengikuti pelaksanaan apel bersama dan dirangkaikan dengan pengumuman juara serta pembagian hadiah pekan olahraga dan seni Narapidana, di Lapangan Utama Lapas Kelas IIA Palopo.

Kepala Lapas Kelas IIA Palopo, Jhonny H Gultom mengatakan, Hari Bhakti Pemasyarakatan Indonesia dijadikan sebagai media evaluasi untuk memperkokoh komitmen seluruh insan pemasyarakatan dalam mewujudkan tujuan dari sistem pemasyarakatan.

“Peringatan HBP yang ke-59 tahun bukanlah usia yang singkat untuk sebuah perjalan, melainkan menjadi usia yang matang dan sarat pengalaman,” ujarnya.

Menurutnya, HBP Ke-59 menjadi momentum yang tepat bagi insan Pemasyarakatan untuk sejenak merenung dan merefleksikan kembali, memungut hikmah dari perjuangan para pendahulu.

“Perjuangan itulah yang selanjutnya disusun sebagai penguat niat dan arah langkah dalam mewujudkan tujuan Sistem Pemasyarakatan,” tuturnya.

Jhonny mengungkapkan, Tahun 2023 ini, Pemasyarakatan menginjak usia 59 tahun, suatu angka yang menunjukkan tingkat maturitas organisasi.

“Pada usia ini, pemasyarakatan diharuskan lebih CERMAT, yakni Cerdas membuat strategi, Evaluasi setiap kondisi dan kejadian, Rasional dalam pengambilan kebijakan, Mitigasi resiko, Akuntabel dan berintegritas, dan Transparan dan aspiratif melayani,” ucapnya.

“Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju, harus sama-sama kita wujudkan melalui karya nyata sehingga mampu menjawab tantangan dan menyelesaikan persoalan Pemasyarakatan secara paripurna,” pungkasnya.

Komentar