Arus Mudik, BNN Palopo Lakukan Tes Urine Terhadap Sopir dan Kenek Bus

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palopo melakukan pemeriksaan tes Urine terhadap sopir mobil yang melintas keluar dan masuk Kota Palopo.

Pemeriksaan itu, BNN Kota Palopo bekerjasama dengan Polres Palopo dan Dinas Perhubungan Kota Palopo.

Tujuan dilakukan tes urine tersebut guna memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang serta sopir yang melakukan perjalanan arus mudik lebaran idul Fitri 1 Syawal 1444 H/2923 M, yang melintas keluar dan masuk kota Palopo

Kepala Sub Bagian Umum BNN Kota Palopo, Muhammad Basnur mengatakan, jika pemeriksaan tes urine yang dilakukan pihaknya berlangsung selama 2 hari.

“Pemeriksaan tes urine bagi sopir dan kenek bus ini dilakukan mulai Rabu, 19 – Kamis 20 April 2023,” katanya, saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp, Jumat, (21/04).

“Mereka diberhentikan dan diarahkan untuk pemeriksaan urine,” sambungnya.

Dia mengungkapkan, jika pemeriksaan tes urin kepada para sopir dilakukan dalam rangka menindak lanjuti anjuran BNN pusat.

“Hal ini untuk memastikan kenyamanan pemudik baik yang berangkat maupun arus balik. Dan pada Intinya ingin memastikan kenyamanan penumpang termasuk pengemudi,” ungkapnya.

Basnur menyebut, pihaknya telah memeriksa sebanyak 29 orang sopir maupun kenek bus.

“Hasil pemeriksaan yang dilakukan tidak ada yang terindikasi positif narkoba. Namun ada 3 orang yang terindikasi benzoat, setelah dikonfirmasi yang bersangkutan mereka sedang mengkonsumsi obat dengan resep dokter,” sebutnya.

“Termasuk multivitamin, yang memang terkadang ketika dites urine bereaksi pada alat tes, namun bacaannya berbeda,” ujarnya menambahkan.

Untuk itu, BNN Palopo mengimbau kepada masyarakat dan para sopir yang melakukan perjalanan mudik untuk selalu berhati-hati dalam berkendara.

“Tentunya, kita imbau kepada masyarakat yang melakukan arus mudik untuk tetap berhati-hati. Mau mudik sehat dan aman tentunya jauhi narkoba,” imbuhnya.

Komentar