Waspadai Ancaman Penyakit pada Menu Makanan Lebaran

INDEKSMEDIA.ID – Selain identik dengan maaf-maafan, perayaan Idul Fitri lebih terasa lengkap jika menyantap hidangan beragam jenis dan rasa.

Sebut saja seperti rendang, opor ayam, ketupat, kue kering, dan berbagai macam jenis makanan khas lebaran lainnya.

Siapa sangka, jenis makanan di atas banyak tergolong makanan yang sangat berlemak dan penuh kolesterol.

Jika tidak terkontrol dengan baik, maka  akan menimbulkan penyakit di kemudian hari.

Dilansir dari kemkes.go.id berikut ini beberapa jenis penyakit yang mengancam jika tidak secara bijak mengkonsumsi hidangan lebaran.

1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang tidak jarang menyebabkan penderitanya mengalami kematian mendadak tanpa disertai gejala penyerta yang jelas.

2. Kolestrol Tinggi 

Kolesterol merupakan salah satu unsur penting dalam tubuh kita untuk membangun sel-sel baru hingga menghasilkan vitamin D.

Jika kadar kolesterol berlebihan akan mendatangkan penyakit yang seperti stroke dan penyakit jantung.

3. Diabetes

Penyakit ini sudah cukup umum terdengar. Dengan kadar gula yang tinggi dalam tubuh akibat mengkonsumsi zat gula dalam nasi, kue kering lebaran, dan juga sirup yang berlebihan, akan berisiko menimbulkan penyakit diabetes.

Selain beberapa penyakit diatas, masih banyak penyakit yang mengancam kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan berulang.

Kontrol kondisi kesehatan tubuh, kadar gula, kolesterol dalam tubuh setelah lebaran untuk mengantisipasi datangnya penyakit di atas. (**)

Komentar