Investasi Modal Manusia Menurut Cak Nur (Part 1)

INDEKSMEDIA.ID — Nurcholish Madjid dikenal sebagai sosok yang gigih mengedepankan kemajuan, transformasi dan perubahan sosial. Singkatnya, ia adalah sosok pembaharu.

Salah satu tulisannya yang singkat dan menarik, yang tertuang di dalam Indonesia Kita tentang investasi modal manusia dapat kita simak sebagai berikut.

Di antara berbagai macam investment, investasi atau penanaman modal untuk suatu bangsa, tidak ada yang lebih penting, lebih produktif dan lebih bermakna daripada investasi atau penanaman modal manusia.

Penanaman modal manusia ini tentu saja melalui prasarana pendidikan yang baik, dengan mutu yang tinggi dan jumlah yang merata.

Dengan bercermin pada pengalaman bangsa-bangsa lain di sekitar kita, secara sederhana dapat dikatakan bahwa seluruh krisis yang menimpa kita sekarang ini adalah akibat rendahnya mutu pendidikan warga negara kita dan tidak meratanya pendidikan itu dari daerah ke daerah.

Dalam kesempatan tertentu, pembicaraan mengenai bangsa kita, tidak jarang terdengar penilaian orang luar bahwa kita adalah bangsa yang berpikiran sederhana (simple minded), tidak ada kecanggihan (sophisticated), dan sangat kurang minat dalam membaca serta untuk belajar secara mendalam dan meluas.

Kita bisa saja menukas penilaian yang kurang menyenangkan tersebut melalui perujukan berbagai contoh pemikiran mendalam dan kontemplatif di kalangan kelompok-kelompok tertentu masyarakat kita.

Namun, kita akan amat sulit membela diri jika kita ditantang untuk menjelaskan berbagai contoh gejala berpikir sederhana atau simpel mindedness itu seperti, misalnya, yang biasa dipandang umum sebagai “premanisme”.

Dan, suatu ironi besar bahwa gejala “premanisme” itu sendiri tidak hanya kita temukan di kalangan orang “pinggir jalan”, tetapi juga di antara mereka yang secara formal menduduki tempat-tempat terhormat. (Aa)

Komentar