Alasan Ilmiah Mengapa Kita Butuh Pelukan

INDEKSMEDIA.ID — Jika kamu pernah berada di dalam kondisi butuh dipeluk atau merasa membutuhkan sentuhan orang lain, itu petanda kamu sedang normal.

Alasannya, karena kekurangan pelukan ataupun sentuhan, bikin otak kita berada dalam kelaparan ekstrim. Alias, kita butuh asupan koneksi sosial.

Dikutip dari Instagram satupersenofficial, tatkala kita dipeluk, otak kita melepaskan apa yang disebut sebagai hormon oksitosin.

Hormon oksitosin adalah hormon cinta. Artinya, saat kita dipeluk, kita merasakan aman, nyaman, diperhatikan, plus terikat.

Pelukan sebelum tidur juga akan meningkatkan kualitas tidur kita. Ini karena perasaan nyaman dan terlindungi menjadikan kita tidur lebih tenang, terbebas dari kecemasan.

Berpelukan juga dapat meningkatkan imun tubuh kita.

Dalam risetnya, orang yang banyak berpelukan tidak gampang sakit. Artinya, dukungan baik untuk tubuh kita sangat perlu untuk menjadikannya tubuh yang stabil.

Tentu saja, pelukan juga mata penting buat pasangan. Dalam penelitiannya, semakin banyak pelukan, semakin sedikit konflik yang terjadi.

Karena semakin dekat, semakin erat, dan semakin lekat.

Jadi, sudahkah ada yang Anda bisa peluk? Jangan khawatir, jika belum, itu derita Anda. (*/Aa)

Komentar

Baca Juga