Demo UU Ciptakerja di Palopo Berakhir Ricuh

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Palopo melakukan aksi penolakan Undang-undang (UU) Cipta Kerja di Kota Palopo.

Aksi unjuk rasa diwarnai kericuhan, di Depan Kantor DPRD Palopo, Senin 10 April 2023.

Para pengunjukrasa dengan aparat kepolisian terlibat aksi saling dorong.

Bahkan, kericuhan terjadi saat petugas mencoba menghalau massa mahasiswa yang ingin mendekat ke depan Kantor DPRD Palopo.

Massa aksi terus mencoba menerobos masukan dihalaman Kantor DPRD Palopo. Aksi saling dorong pun tak terhindarkan.

“Terus maju, terus maju” teriak salah satu massa aksi.

Polisi yang berada di lokasi pengamanan demo kemudian bertindak tegas dengan melepaskan tembakan gas air mata ke arah pengunjukrasa.

Tembakan gas air mata tersebut dibalas dengan lemparan batu oleh sejumlah massa.

“Aksi tadi ricuh karena adik-adik memaksa kehendaknya menerobos masuk kantor DPRD,” kata Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin, kepada wartawan.

Salah satu pengunjuk rasa diamankan aparat kepolisian. (Dok: Indeksmedia.id)

Safi’i mengungkapkan, jika pihaknya telah mengamankan sejumlah pengunjuk rasa yang diduga melakukan pelemparan batu ke arah petugas.

“Kami periksa dulu karena ada dugaan mereka yang melakukan lemparan ke arah petugas. Kita sudah melakukan upaya humanis tapi mereka masih tetap ricuh makanya kami mengambil tindakan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, akibat kejadian tersebut juga mengakibatkan satu anggotanya terluka. Personelnya terkena lemparan batu saat pengamanan demo.

“Ada korban 1 anggota kami, terkena batu di bagian pelipisnya matanya. Sekarang sudah ditangani,” kata Safi’i.

Dalam pantauan di lokasi, aksi demonstrasi yang berakhir ricuh itu, ada belasan mahasiswa yang diamankan aparat kepolisian. (**)

Komentar