Jelang Idul Fitri, Harga Kebutuhan Pokok di Luwu Utara Relatif Stabil

LUWU UTARA, INDEKSMEDIA.ID – Jelang IdulFitri harga kebutuhan pokok di Pasar Sabbang, Kabupaten Luwu Utara relatif stabil.

Hal itu berdasarkan hasil pemantauan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Kabupaten Luwu Utara bersama sejumlah Perangkat Daerah (PD) terkait lainnya, pada Kamis (30/3), kemarin.

Harga komoditas pangan dan kebutuhan pokok lainnya tidak ada lonjakan harga. Sementara untuk stok juga masih cukup aman sampai beberapa hari ke depan.

Seperti Beras premium, yang saat ini masih berada di kisaran Rp 13.000/kg. Pun dengan gula pasir, mentega, dan minyak goreng.

Meski begitu, terdapat komoditas lain yang sedikit mengalami kenaikan, seperti bawang merah, bawang putih dan cabe besar, termasuk beberapa ikan segar, yang juga mengalami sedikit kenaikan, meski tidak terlalu signifikan.

Sementara daging sapi, ayam, telur dan tepung terigu juga ada sedikit kenaikan dibandingkan minggu lalu. Namun, kenaikannya juga tidak terlalu signifikan.

Sekretaris DP2KUKM, Hasruddin Kujje, mengatakan, kenaikan harga bawang merah, bawang putih dan cabe besar dipicu kurangnya pasokan ke pedagang akhir-akhir ini, sehingga harga sedikit mengalami kenaikan.

“Memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe, tetapi secara keseluruhan harga relatif masih stabil,” kata Hasruddin.

Ia membeberkan bahwa ikan segar dan susu kaleng juga sedikit mengalami kenaikan.

Namun, kata dia, stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar Sabbang masih terjaga.

“Pada umumnya di sini tidak terlalu mengalami kenaikan harga yang signifikan. Termasuk juga stok yang kami dapatkan masih cukup aman untuk beberapa hari ke depan,” terangnya.

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan guna mengantisipasi adanya lonjakan harga menjelang Idulfitri mendatang, pihaknya dalam waktu dekat akan menyelenggarakan pasar murah terpusat di kota Masamba.

“Langkah-langkah yang akan kita lakukan adalah dengan menggelar pasar murah yang dipusatkan di Masamba,” jelasnya.

“Ini sementara kami buatkan perencanaannya. Insya Allah, dua minggu jelang lebaran kita akan laksanakan. Semoga dengan adanya pasar murah ini, masyarakat sedikit terbantukan karena harga yang ditawarkan juga akan lebih murah dari biasanya,” pungkasnya. (**)

Komentar