Tolak Tambang! Ribuan Massa Demo Bupati Buteng

BUTON TENGAH, INDEKSMEDIA.ID – Ribuan massa dari forum masyarakat Mawasangka Timur (Mastim) berunjuk rasa di depan kantor Bupati Buton Tengah, Senin (20/3/2023).

Pengunjuk rasa mayoritas di hadiri kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) itu menolak kehadiran perusahaan tambang PT. Mineral Citra Sejahtera.

“Tentu kami menolak, selain meresahkan, juga berdampak merusak lingkungan,” kata Korlap aksi, Hesty kepada Indeksmedia.id

Dirinya menuturkan, pihaknya sudah beberapa kali mengadakan pertemuan, namun tidak ada tanggapan positif pemerintah dan DPRD.

“Kasus ini akan kami kawal sampai ada kejelasan pemerintah untuk tidak tidak memberi restu kepada pihak perusahaan penambang,” tegasnya.

Lanjut Hesti, tambang ini sudah masuk survei di Kecamatan Mastim, proposalnya juga sudah sampai pada tahap persetujuan pemanfaatan ruang.

“Tambang sudah masuk survei di Kacamatan Mastim. Proposalnya juga sudah masuk perihal persetujuan pemanfaatan ruang, tinggal menunggu izin,” tegasnya.

Diketahui, permohonan IUP batuan jenis Batu Gamping diusulkan oleh PT. Mineral Citra Sejahtera seluas 3.801 hektar.

Kabarnya, permohonan tersebut sudah sampai di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sultra dan Pemkab Buteng (*/AA)

Komentar