INDEKS MEDIA

Berita Hari Ini Di Indonesia & Internasional

Program KOTAKU Gelar Coaching Clinic NSUP 2023

Pemaparan Readiness Criteria DAK Tematik PPKT oleh Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Palopo, Erdin (Dok.Ist)

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) menggelar Coaching Clinic DAK tematik Pengentasan Permukiman Kumuh Terpadu (PPKT) National Slum Upgrading Project (NSUP) tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, 16-17 Maret 2023 di Hotel Mulia Indah, Jl. Mangga, Kelurahan Lagaligo, Kecamatan Wara, Kota Palopo.

Coaching Clinic merupakan wadah pengembangan kapasitas sekaligus salah satu komponen penting.

Maka diharapkan pemerintah daerah, masyarakat dan konsultan pendamping dapat mencapai tujuan penyelenggaraan penataan permukiman yang berkelanjutan.

Koordinator Kota (Korkot) 4 Program KOTAKU menguraikan tujuan digelarnya pengelolaan Coaching Clinic tingkat Kota Palopo.

“Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan menyusun perencanaan dan readiness criteria DAK Integrasi,” kata Amir, Kamis (16/3/2023).

Proses pelaksanaan exercise masterplan skala kawasan prioritas (Dok.Ist)

Andi Asriadi berharap output dan target dari kegiatan, meningkatnya peran dan kapasitas pemerintah daerah untuk keberlanjutan NSUP Program KOTAKU.

“Penetapan satu lokasi skala Kawasan prioritas dan perencanaan skala kawasan prioritas (master plan) di 123 di kabupaten kota,” tambahnya.

Kegiatan dengan metode diskusi ini, hadir narasumber, Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Erdin.

“Termasuk dari akademisi, perencanaan wilayah kota dari universitas muhammadiyah palopo, wahyu hidayat juga hadir sebagai narasumber,” tutup Andi Asriadi.

Selanjutnya dilaksanakan exercise master plan lokasi prioritas yaitu kawasan Kelurahan Salotellue-Ponjalae dan kawasan Tomarundung-Boting.

Kegiatan dibuka resmi Sekretaris Bappeda, Kota Palopo. Adapun peserta dari unsur Dinas yang hadir meliputi, DPKP, PUPR,  DLHK, Bappeda dan Dinas Pertanahan.

Diikuti pula Pemerintah Kelurahan Salotellue, Ponjalae, Tomarundung dan Boting serta Koordinator Badan Keswadyaan Masyarakat (BKM). (Ari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini