IWD 2023 “Perempuan Butuh Literasi Digital”

Oleh: Haerani (Ketua Kohati Cabang Palopo)

INDEKSMEDIA.ID — Di moment hari Internasional Woman’s Day, (IWD), terselip satu dari jutaan pesan yang ingin disampaikan. Salah satunya adalah merangkul kesetaraan perempuan di berbagai bidang.

Hal ini sudah menjadi pembahasan sejak dulu. Secara subjektif pada dasarnya kesetaraan perempuan saat ini sudah cukup lebih baik.

Namun masih banyak ditemui bias gender dilingkungan sekitar. baik itu berupa stereotipe maupun violance masih banyak ditemui saat ini.

Dalam rangka memperingati IWD, tema yg diangkat mengenai DigitALL: Inovasi dan Teknologi untuk Kesetaraan Gender.”

Bahwasanya literasi digital merupakan skil yang harus dimiliki seluruh orang baik laki maupun perempuan.

Literasi digital sangat dibutuhkan sebagai upaya antisipasi dalam cybercrime misalnya peretasan akun hingga kekerasan berbasis gender online.

Bertepatan hari internasional perempuan 2023 ini, saya hanya ingin mengajak kepada perempuan untuk lebih melek terhadap teknologi.

Sebab dalam dunia digital teknologi perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki.

Selain itu saya juga ingin menyampaikan untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Menurut saya dewasa ini ditengah kehidupan (perempuan) berkembang budaya individualisme, yang mereduksi empati dan perhatian terhadap masalah-masalah perempuan dan anak.

Dimana perempuan fokus pada dirinya sendiri terutama pada kalangan mahasiswi yang lebih berorientasi kepada rutinitas perkuliahan dan karir setelahnya.

Karena kalau bukan kita perempuan yang peka terhadap masalah perempuan maka siapa lagi. (*)

Komentar