Aktivis Perempuan Wajib Baca dan Miliki Lima Buku Ini!

INDEKSMEDIA.ID — Fenomena sosial yang menyudutkan kaum hawa tak jarang kita jumpai saat ini.

Persoalan ini disinyalir banyaknya konstruksi sosial budaya, agama, keluarga yang memandang perempuan berada di peringkat kedua.

Berangkat dari itu, membuat perempuan kian bergerak memperjuangkan apa yang disebut sebagai “kesetaraan gender”.

Jika kamu mengaku aktivis perempuan, berikut adalah lima referensi buku yang wajib kamu baca.

1. Feminist Thought

Buku ini adalah karya Rosemarie Putnam Tong,  sesuai judul bukunya Feminist Thought menyajikan ulasan pengantar yang komprehensif dalam arus utama aliran pemikiran feminisme yang beragam.

Sebut saja Feminisme Liberal, Feminisme Radikal, Feminisme Marxis dan Sosialis, Feminisme Psikonalisis dan Gender, Feminisme Eksistensialis, Feminisme Posmodern, Feminisme Multikultural dan Global, serta Ekofeminisme.

2. Analisis Gender dan transformasi Sosial

Buku ini ditulis oleh Mansour Faqih pada Tahun 1994. Hingga tahun 2013 buku ini telah dicetak sebanyak 15 kali, hal ini membuktikan bahwa buku ini sangat di minati oleh masyarakat.

Penulis buku ini mengklaim menyajikan pemahaman masalah-masalah emansipasi perempuan dalam kaitannya dengan masalah ketidakadilan dan perubahan sosial.

3. Filsafat Perempuan dalam Islam

Buku ini adalah buku yang sangat direkomendasikan bagi pembaca, utamanya mereka yang menganggap bahwa agam Islam adalah agama yang bias gender. Buku ini dapat dikatakan sebagai sebuah klarifikasi bagaimana Islam memperlakukan perempuan 1400 tahun sebelum teori keadilan gender lahir di Barat.

Penulis buku ini merupakan Filosof muslim asal Iran, bernama Syahid Murthada Muthahhari.

4. The Tao Of Islam

Buku ini ditulis oleh seorang kosmolog bernama Prof. Sachiko Murata, dalam bukunya tersebut secara detail ia memaparkan bagaimana hubungan antara perempuan dan laki-laki tidak hanya dalam hubungan manusia, tetapi juga hubungan dengan Tuhan dan alam.

Buku ini merupakan kitab rujukan tentang relasi gender dalam kosmologi dan teologi islam.

5. My Soul is A Women

Buku ini ditulis oleh Sarjana Jerman terkemuka dan paling berpengaruh atas tulisannya yang ekstensif tentang Islam, yang bernama Prof. Dr. Annemarie Schimmel.

Dalam buku ini Schimmel menganalisis peran wanita, bukan dalam aspek yang material seperti yang kerap di perjuangkan oleh aktivis perempuan pada umumnya, namun peran dalam bidang mistisisme.

Pada intinya buku ini tentang pegangan perempuan sufi dan bagaimana perempuan bersabar menghadapi cobaan hidup ini. (*/Cca)

Komentar